Beragam Agenda Festival Reyog Nasional 2019

Beragam Agenda Festival Reyog Nasional 2019

liberali.net – Ketika mendengar kata REYOG, tentunya anda akan segera teringat dengan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Bahkan kesenian ini sudah merambah ke seluruh nusantara, dan bahkan negara tetangga banyak yang tahu akan kesenian ini.

“Tahun 2019 ini Ponorogo meluncurkan setidaknya 85 agenda wisata, dan setiap bulannya selalu ada kegiatan wisata baru yang bisa dinikmati,” Ucap Lilik Slamet Raharjo, Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Rabu (23/1/2019).

Memang acara FRN atau Festival Reyog Nasional ini setiap tahun pasti digelar, dimana pagelaran ini bertepatan dengan Grebeg Suro. Selain reog, ada banyak acara lain yang bisa anda nikmati ketika grebeg suro hadir di Ponorogo. Adapun acaranya untuk tahun 2019 kali ini sebagai berikut:

  1. Gebyar jathil masal (17 Februari 2019)

Dalam tari reyog, tentunya terdapat jathil yang turut hadir melengkapi tarian. Dimana jathil ini digambarkan sebagai prajurit berkuda dari Kerajaan Bantarangin.

Pada Februari kemarin para penari jathil ini ditampilkan secara massal dengan total ribuan penari dari seluruh seniman di Ponorogo.

  1. Pesta Durian (24 Februari 2019)

Kampung durian atau kampung wisata durian merupakan sebuah kebun, dimana dalam kebun 3 hektar tersebut tumbuh 400 pohon durian dengan 15 jenis yang berbeda.

Untuk anda yang ingin berkunjung ke ponorogo, anda masih bisa mencicipi durian di lokasi ini. Guna untuk ikut memeriahkan keramaian wisata di Ponrogo ini.

  1. Batik Ponorogo Street Exhibition (23 Maret 2019)

Setiap daerah di Jawa Timur pastinya memiliki beragam kesenian batik, dimana setiap batik yang dihasilkan memiliki motif khas yang tak sama setiap daerahnya.

Baca juga : Jember Fashion Carnaval 2019 Digelar Pertegahan Tahun

Sedangkan pada acara ini, diharapkan pemuda dan pemudi di Ponorogo ikut serta untuk mengasah kemampuan dan membuktikan kecintaan mereka pada Ponorogo dengan turut serta dalam membatik.

  1. Festival angkringan (15 Juni 2019)

Hampir setiap hari seorang pemuda dan pemudi menghabiskan waktu untuk menikmati kopi di angkringan, dan karena inilah identitas Ponorogo maka pemerintah berharap Angkringan tetap berkembang dan maju.

Angkringan sendiri merupakan tempat yang terbuat dari gerobak kayu, dan penikmat kopinya bisa mencicipi berbagai makanan dan nasi kucing dengan harga yang murah.

  1. Festival dalang bocah (6 sampai 8 Juli 2019)

Saat ini kesenian wayang mulai ditinggalkan oleh generasi penerus, dan salah satu cara pemerintah untuk tetap melestarikan dan mengenalkan hal ini pada generasi penerus adalah dengan membuatkan tempat. Disini bagi setiap anak yang memiliki bakat dalang, bisa ikut serta untuk meramaikan festival ini.

  1. Grebeg Suro (21 sampai 31 Agustus 2019)

Inilah yang ditunggu-tunggu oleh setiap wisatawan, yakni kemeriahan grebeg suro dan beragam penampilan dari setiap penari di seluruh wilayah di Ponrogo.

 

admin