Jember Fashion Carnaval 2019 Digelar Pertegahan Tahun

Jember Fashion Carnaval 2019 Digelar Pertegahan Tahun

liberali.net – Jember Fashion Carnival atau biasa disebut JFC ini merupakan acara yang banyak diminati masyarakat, ntah itu dari Indonesia sendiri maupun asing. Sedangkan untuk tahun 2019 sendiri, acara JFC ini akan digelar pada 31 Juli sampai dengan 4 Agustus. Sedangkan untuk tema yang diusung adalah “Tribal Grandeur”, dan terang saja minat dari peserta kian tahun kian meningkat. Untuk acara tahun 2019 ini saja, total peserta yang ikut serta berada di angka lebih dari 6 ribu orang.

Sangat wajar bila JFC ini menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun asing, namun untuk saat ini commercial valuenya belum bisa optimal karena pengkapitalisasinya belum maksimal. Hal itu juga dikatakan oleh Presiden JFC Dynand Fariz ketika meluncurkan JFC, pada kamis 28 Februari 2019.

“Adanya acara JFC ini sangat banyak menginspirasi acara karnaval lain di tanah air,” ucap Mnpar Arief Yahya.

Dirinya juga berharap bahwa acara Jember Fashion Carnaval yang telah menadpatkan banyak penghargaan ini dapat digunakan sebagai standar dalam pelaksanaan event yang serupa, tentunya dengan melihat standarnya maka potensi wisata di Indonesia tak hanya terletak pada alamya saja namun juga Acara tahunannya juga.

Bahkan adanya karnaval yang dilakukan di Jember, Jawa Timur ini menjadi karnaval peringkat pertama yang terbaik di Asia. Bahkan karnaval ini menjadi karnaval terbaik ke tiga di dunia, setelah Rio de Janeiro Carnival di Brazil dan juga Pasadena Flower Carnival yang terletak di Los Angles, Amerika Serikat.

Sampai saat ini JFC sudah sebanyak tiga kali mendapatkan top 10 dari seratus Calendar of Event (CoE) Nasional. Menpar juga berharap bahwa JFC bisa menjadi titik standar untuk berbagai event yang ada di Indonesia, karena kesuksesan ini menjadikan Indonesia destinasi wisata yang perlu dipertimbangkan.

Baca juga : Beragam Agenda Festival Reyog Nasional 2019

Untuk bisa memiliki standar yang tepat dan tinggi, CoE haruslah memenuhi beberapa kriteria yang disebut dengan 5C. Yakni Creative Value, Commercial Value, Communication Value, Ceo Commitment, dan yang terakhir Consistencey.

  • Creative value

Untuk hal ini, setiap event haruslah memiliki kreatifitas yang tinggi. Setidaknya event tersebut mempersembahkan fashion, musik maupun koreografi yang bagus.

  • Commercial value

Hal ini merupakan dampak yang diakibatkan dari event tersebut, dimana setiap kegiatan haruslah memberi dampak yang mensejahterakan pada wisatawan dan masyarakat yang menonton.

  • Communication value

Pada hal ini adalah nilai komunikasinya, dimana komunikasi ini sangatlah penting untuk berjalannya sebuah event. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan event adalah promosi sebelum event, sehingga banyak pengunjung saat event berjalan.

  • Cameragenic

Hal selanjutnya adalah foto, dimana dimasa ini kaum milenial banyak menginginkan spot untuk berfoto saat carnaval berlangsung.

 

admin